Kontrasepsi...


Ngomongin tentang keluarga, tentang anak melulu, jangan lupa yang satu ini...program pemerintah untuk menghambat laju pertumbuhan penduduk Indonesia...Keluarga Berencana aka KB. Saya juga sedang ber-KB, karena maunya ada jarak antara arya dan adiknya. jadi kasih sayang, makanan, pendidikan, dll bisa terpenuhi dengan baik dan terencana. si papa maunya langsung ada dedenya Arya, tapi mama belum siap ah. Ini aja jaga Arya masih suka keteteran masih suka esmosi gimana kalo jaga 2 anak yang masih kecil2. maunya ada dede lagi kalo arya udah agak gede dan bisa di ajak kompromi (semogaaaa...). setelah melalui perdebatan yang alot antara papa dan mama akhirnya di bolehinlah mama KB itupun udah 3bln setelah arya lahir...hihihi...gara2nya si mama parno ada temen yg udah hamil lagi pas anaknya yg pertama umur 3 bln. oh noooo...masih terbayang masa2 mabok waktu hamil...mama mutusin untuk KB suntik aja, sebelumnya seperti biasa mama browse sana sini mencari artikel ttg kontrasepsi dulu. berikut hasil browsing yang masih mama inget...(sumber Oom Gugel).
kontrasepsi ada 2 jenis yaitu hormonal dan non hormonal, yang hormonal itu KB suntik, pil, dan susuk. dan yg non hormonal itu IUD dan Kondom. nah mama memilih KB hormonal aja karena untuk IUD mama masih serem dan papa juga gak ngijinin karena alasannya masukin benda ke badan mama nanti kenapa2. padahal mah gak apa2, kalo bahaya ngapain ada KB IUD ya gak? mama aja yg penakut ngabayangin proses pemasangan IUD-nya hiiiii. KB pil sebenarnya yang cocok u mama saat itu karena mama masih nyusuin arya. tapi mama pelupa dan takut jerawatan serta gemuk...(huuu alasan aja). di cobalah KB suntik bulanan. ada 2 yang populer Suntik 1 blnan dan 3 bulanan, untuk awalnya mama coba suntik 1 bln. dan hasilnya ASI mama berkurang hiks...dan Haid mama jadi lama katanya sih gak apa2 karena yang bekerja si hormon itu. akhirnya mama beralih ke KB suntik 3 blnan yang membuat mama tidak haid sama sekali. menurut referensi yang mama baca, kenapa menjadi tidak haid karena KB ini membuat kita jadi tidak subur. jadi tidak ada proses untuk persiapan pembuahan yang membuat kita menjadi haid apabila tidak di buahi. dan tidak berbahaya bagi kesehatan akseptor. sampai saat ini mama sudah 3 kali suntik dan tidak ada keluhan yg berarti. katanya kalo KB hormonal bisa membuat badan lagi kegemukan, mama gak sih. masih tetap seperti dulu bahkan cenderung kekurusan...hahaha. Ya kalau gak mau repot2 mikirin jadwal suntik dan haid yang tidak teratur bisa sih pasang IUD aja. karena jangka waktu pemakaiannya lama dan hanya perlu kontrol beberapa bulan sekali. ada juga pilihan lain Vasektomi dan tubektomi...waaaa itu mah udah pilihan paling buntut kalau pertambahan anak sudah tak terbendung lagi dan sudah tuir hehehe. demikian lah sekilas pengetahuan saya tentang kontrasepsi, jika ingin lebih lengkap silahkan hubungi DSOG masing-masing.
trus kapan dong kasih adik arya?... ntar kalo mama udah gak kerja dan si papa udah lumayanlah pendapatannya jadi dede bisa kayak arya sekarang, minum susu yg muahal (hahaha)...vaksin di DSA (sombong)...beli baju mlulu (mama gak pernah)...Biskuit Gerber...halah kagak nyambung jek. Intinya Mama dan Papa ingin memberikan yang terbaik untuk arya dan adiknya nanti. jadi gak iri2an...

0 komentar: