Imunisasi BCG Arya Tak Berbekas...


Awalnya Mama gak ngeh kalo bekas BCG arya gak ada. pas umur 3 bulan mama baru nyadar kok gak ada ya, tanya sana sini katanya nanti umur 5 bulan br muncul, ya sudah sabarlah aku menunggu si bisul itu muncul, eh kagak muncul2 juga. sampe umur 9 bulan mama iseng nanya ke Dokter arya, Kata si Dokter harus tes mantoux untuk tau kalau arya sudah kebal apa belum...Wadaw, kok tes mantoux sih. mama nanya sama temen2 semua bilang gak usah tes mantoux pan arya sehat2 aja emang gak muncul aja tuh bekasnya. si papa nih yg bikin rusuh, kata dia pokoknya harus tes biar tau itu bcg harus ulang apa gak.
Tapi mama gak mau ah...setelah browsing2 sana sini mama dapat jawaban yang bikin lega...(tq To Vina) katanya BCG kalo gak berbekas gak perlu di ulang karena efektifnya vaksin BCG itu sebelum umur 2bln. dan mungkin saja hanya kesalahan penyuntikan saja atau kulit en lemak si anak terlalu tebal sehingga bisul yg timbul gak muncul ke permukaan kulit (begitu kira2)...untuk tes mantoux juga belum perlu, kadang di curigai TB kalo BB anak Tidak terjadi peningkatan atau bahkan menurun drastis jadi perlu di adakan tes mantoux. nah yang satu ini tidak terjadi pada Arya, Puji Tuhan. Jadi berpikir positif aja kalau vaksin BCGnya udah masuk ke tubuh anak dan tidak perlu di adakan pengulangan. kalaupun di ulang (booster) BCG bukan termasuk vaksin yang perlu di ulang karena yang di masukan adalah Kuman hidup bukan kuman mati yang perlu di ulang. yang perlu mama Lakukan saat ini hanyalah menjaga makanan arya tetap makanan sehat dan lingkungan tempat hidup yang sehat. jangan lembab atopun terlalu kering. Intinya arya sudah di vaksin BCG walaupun tak ada bekasnya yakin dan percaya saja bahwa vaksin tersebut sudah ada di tubuh arya. kita sudah melakukan yang terbaik yaitu imunisasi wajib buat arya. Ok MAMA PAPA SAYANG ARYA...SEHAT SELALU YA NAK.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam kenal mbak. Tahu blog ini dari blognya mbak Nungqee, bundanya Azkia. Soal bekas imunisasi BCG ini, waktu itu di Dita juga gak muncul. Tapi pas umur 6 bulan-an kami putuskan Dita di test Mantoux. Trus imunisasi BCG nya diulang di lengan kanan nya (sebelumnya di paha kanan). Skr sudah muncul bekasnya. Ntar kalau ada adiknya Dita (Insya Allah kalau diberi amanah hehehe), imunisasi BCG nya langsung di lengan kanan aja, karena ternyata kalau di pantat itu lebih sulit karena banyak lemak.

Memang informasi soal bekas imunisasi BCG ini membingungkan. Ada yang bilang, harus diulang tanpa test Mantoux. Ada yang bilang, tidak perlu diulang dsb. Tapi apapun keputusan yang kita ambil semoga itu yang terbaik buat anak kita. Selalu sehat ya Kak Arya :-)